Contoh dimana benda bergerak bisa kita pantau secara real time kapan pun dan di mana pun kita berada dan banyak lagi fitur" yang masih di miliki antara lain , bisa mematikan kendaraan melalui SMS ,alarm ketika power terputus dll.
peluang usaha

Jumat, 18 Maret 2011

Sekilas tentang GPS

Pada dasarnya setiap lokasi di muka bumi ini memiliki identitas unik yang umumnya dituliskan dalam bentuk deretan angka. Deretan angka tersebut kita kenal sebagai Lintang yang menggambarkan sumbu x, dan Bujur yang menggambarkan sumbu y. Posisi Lintang dan Bujur yang sering kita lihat di peta inilah yang kemudian digunakan sebagai standar untuk menunjukkan suatu tempat di muka bumi ini.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang demikian pesatnya, posisi Lintang dan Bujur saat ini tidak hanya sekedar tertulis di peta saja. Lebih dari itu, berdasarkan informasi posisi Lintang dan Bujur, dengan menggunakan suatu alat yang kita kenal dengan sebutan GPS maka lokasi manapun di muka bumi ini dapat ditunjukkan secara tepat.

GPS yang merupakan singkatan dari Global Positioning System adalah suatu alat yang mampu menerjemahkan posisi x dan y dari suatu tempat di muka bumi. Bahkan lebih jauh lagi, GPS tidak hanya memiliki kemampuan menerjemahkan bidang datar saja (posisi x dan y) tetapi juga mampu menerjemahkan posisi ketinggian atau biasa diberi simbol z.

Berdasarkan kemampuannya tersebut, pemanfaatan GPS kemudian berkembang secara luas untuk berfungsi sebagai penunjuk arah/jalur perjalanan, penunjuk lokasi tertentu di muka bumi ini, dan segala macam keperluan yang berhubungan dengan navigasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar